Senin, 27 Mei 2013

SKILL AND JOB ANALYSIS



PEKERJAAN PENGECORAN LANTAI
A.    JOB ANALYSIS
Adapun pengerjaan pengecoran lantai beton ini :
1.      Urugan pasir bawah lantai
Hal ini bertujuan untuk kestabilan lantai terhadap pergoyangan dan penekanan.
Lapisan ini tebalnya ± 15 cm
2.      Lapisan kedua yaitu lapisan coran beton
Bahan yang digunakan untuk lapisan beton ini adalah semen, pasir dan kerikil.
Adukan harus dilakukan dengan perbandingan yang sesuai yaitu 1:3:5
Lapisan ini tebalnya ±5 cm.
Lapisan ini berfungsi untuk lapisan paling keras di pekerjaan lantai hal ini di dukung oleh karakteristiknya sebagai beton.
3.      Lapisan paling atas lantai sederhana (spesi)
Lapisan spesi ini dimaksudkan agar permukaan lantai lebih licin dan tidak kasar  serta rata dari permukaan lapisan kedua, perbandingan adukan 1:4.
Lapisan ini tebalnya ± 5 cm.
Lapisan ini kalau tidak memeakai keramik harus dilapisi dengan lapisan acian agar lebih lembut dan licin.
4.      Lapisan tambahan (keramik)
Lapisan ini dipasang agar pasangan lantai kita terlihat lebih menarik dan lebih indah dari permukaan spesi. Tebalnya ± 1 cm ukuran keramik dipasaran beragam yaitu 40 x 40 , 60 x 20, dan sebagiannya.
Lapisan ini bisa langsung dipasang setelah pasangan spesi atau bisa tidak pasang untuk lantai sederhana yang menggunakan adukan spesi atau plesteran lantai.

B.     SKILL ANALYSIS
Beberapa keterampilan dalam pengecoran lantai.
1.  Keterampilan memilih , menentukan, dan mengguanakan peralatan dan  bahan yang digunakan dalam pekerjaan pengecoran lantai tersebut. Seperti keterampilan menggunakan selang air untuk mengukur kedataran, ketinggian yang sama , memakai sendok semen dengan benar, menarik benang dalam membuat profil. Dan keterampilan dalam pengadukan beton dalam hal ini penggunaan atau teknik penggunaan cangkul dengan sekop.
2.   Keterampilan pemilihan bahan yang baik seperti pemilihan terhadap semen, pasir dan kerikil untuk adukan beton cor. Dan pemilihan semen dan pasir pada adukan spesi serta pemilihan pasir yang baik pada lapisan urugan pasir, pasir yang dipilih tidak mengandung lumpur yang terlalu banyak dan tidak mengandung bahan sulfat.
3.  Keterampilan pengadukan coran beton dan adukan spesi dengan menggunakan alat pengaduknya.
4.      Keterampilan dsalam pemasangan profil agar kedataran lantai didapat baik.
5.      Keterampilan dalam pengerjaan pengecoran seperti pemasangan urugan pasir yang sesuai dengan ukuran, tebal coran beton yang sesuai, serta tebal spesi yang sesuai dengan pasangan lantai.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar