RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
“Baja
Ringan Sebagai Bahan Bangunan”
- Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Curup
Kelas :
X
Semester :
1
Program
keahlian :
Teknik Kontruksi Bangunan
Mata
Pelajaran :
Bahan Bangunan
Jumlah
pertemuan/pertemuan : 1 x 30 menit / II
2.
Standar Kompetensi
Mengetahui baja
ringan sebagai bahan bangunan.
3. Kompetensi Dasar
Siswa dapat menjelaskan pengertian, sifat, jenis, dan kegunaan baja
ringan pada sebuah bangunan.
4. Indikator Pencapaian kompetensi
a.
Aspek kognitif :
|
Siswa
mengerti dengan jenis – jenis baja ringan.
Siswa dapat
mengetahui penjelasan baja ringan.
Siswa dapat mengetahui
kegunaan baja ringan
|
b.
Aspek afektif
|
Siswa dapat menangkap pelajaran yang disampaikan
|
c.
Aspek psikomotor
|
Siswa dapat menerapkan penggunaan baja ringan sebagai bahan
bangunan
|
5. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran ini,
siswa memiliki pengetahuan tentang ilmu bahan
bangunan yaitu dapat mengetahui dan menerapkan penggunaan baja ringan dalam
suatu kontruksi bangunan.
6. Materi Ajar
Baja ringan adalah suatu bahan baku baja lapis zincalume (55%
aluminium, 43,5 % zinc dan 15 % silicon) atau baja galvanis yang telah dibentuk
menjadi profil-profil batangan dengan ketebalan dan panjang yang dapat dipesan
sesuai kebutuhan dan kegunaannya.
Struktur baja ringan yang diyakini mempunyai kelebihan
dalam hal umur pakai dan kekuatan, memang mempunyai perilaku yang berbeda
dibandingkan dengan struktur kuda-kuda kayu. Struktur kuda-kuda kayu mempunyai
dimensi yang lebih besar dibandingkan struktur baja ringan, terutama dalam hal
ketebalan profil. Struktur baja ringan mempunyai dimensi yang lebih tipis
dibanding kuda-kuda kayu, mulai dari ketebalan 0.75 mm hingga ketebalan 1 mm. Rangka baja misalnya dapat kita temukan pada atap baja ringan.
Penggunaan baja ringan biasanya pada sebuah kontruksi yaitu
kontruksi rangka atap, Dengan dimensi yang relatif lebih
kecil, tentu saja sistem pemasangan struktur baja ringan berbeda dengan sistem
pemasangan kuda-kuda kayu. Struktur baja ringan mempunyai kekuatan tarik yang
tinggi tapi bersamaan dengan itu mempunyai kekakuan yang lemah. Oleh karena
itu, salah satu faktor utama yang menentukan kekuatan struktur baja ringan
adalah batang pangaku, dalam struktur baja ringan biasa disebut dengan istilah
BRACING.
Kurang atau tidak diperhitungkannya bracing atau pengaku dalam struktur
baja ringan, dapat menimbulkan resiko yang tidak diinginkan, resiko terburuk
yang dapat terjadi adalah kegagalan struktur baja ringan hingga mengakibatkan
kerobohan atap.
Oleh karena itu, salah satu point yang harus
diperhatikan dalam penggunaan struktur baja ringan, misalnya atap baja adalah pengaku atau bracing yang digunakan. Dengan
perhitungan yang tepat, struktur baja ringan menjadi solusi terbaik pengganti
kuda-kuda kayu
7.
Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Diskusi
c. Tanya jawab
8.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Media
|
1
|
Kegiatan Awal
Pendahuluan
|
Ceramah
|
2
|
|
2
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.Memberikan kesempatan bagi siswa untuk memberikan
penjelasan tentang definisi baja ringan, dan struktur rangka baja ringan.
b. Menjelasakan konsep dasar baja ringan, dan struktur
rangka baja.
Elaborasi
a.
Memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya dan
memberikan gagasan
b.
Menjelaskan pengertian baja ringan dan struktur baja
ringan.
c.
Memberikan contoh baja ringan dan contoh struktur baja
ringan.
d.
Memberikan dan melatih
soal kepada siswa
Konfirmasi
a.
Memberikan umpan balik dan penguatan pada siswa dalam materi
bahan bangunan tersebut.
b.
Menjadi narasumber bagi siswa yang ingin bertanya.
c.
mendiskusikan hasil latihan.
|
Ceramah, diskusi, Tanya jawab
|
25
|
LCD
Buku Paket dan Referensi lain
`
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
|
3
|
|
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran
soal sabagai point kuis dan lembaran
penilaian yang diselesaikan oleh siswa.
latihan 1 soal esai
1.
Jelaskan pengertian baja ringan ?
beserta contoh!
2.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
struktur baja ringan?
3.
Sebutkan keuntungan penggunaan baja
ringan dari bahan kayu sebagai bahan pada sebuah kontriki atap!
Lembaran
Penilaian Siswa :
No
|
Soal
|
Uraian Soal
|
Skor maks Soal
|
Skor Siswa
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
Nilai Siswa =
10. Sumber Belajar
Google, Buku Perencanaan Strukrur Baja.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK N 1 CURUP
(…………………………………..)
NIP.
|
Padang, 25 Maret 2013
Guru Mata Pelajaran
(RIO CAHYA YUNARA .S.P d)
NIP. 19920113 201603 16289
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar