Senin, 27 Mei 2013

RPP TEORI MMK2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
“Baja Ringan Sebagai Bahan Bangunan”
  1. Satuan Pendidikan                              : SMK Negeri 1 Curup
Kelas                                                   : X
            Semester                                              : 1
            Program keahlian                                : Teknik Kontruksi Bangunan
            Mata Pelajaran                                    : Bahan Bangunan
            Jumlah pertemuan/pertemuan             : 1 x 30 menit / II
2.      Standar Kompetensi
Mengetahui baja ringan sebagai bahan bangunan.
3.      Kompetensi Dasar
Siswa dapat menjelaskan pengertian, sifat, jenis, dan kegunaan baja ringan pada sebuah bangunan.
4.      Indikator Pencapaian kompetensi
a.       Aspek kognitif :
Siswa mengerti dengan jenis – jenis baja ringan.
Siswa dapat mengetahui penjelasan baja ringan.
Siswa dapat mengetahui kegunaan baja ringan
b.      Aspek afektif
Siswa dapat menangkap pelajaran yang disampaikan
c.       Aspek psikomotor
Siswa dapat menerapkan penggunaan baja ringan sebagai bahan bangunan
5.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran ini, siswa  memiliki pengetahuan tentang ilmu bahan bangunan yaitu dapat mengetahui dan menerapkan penggunaan baja ringan dalam suatu kontruksi bangunan.
6.      Materi Ajar
Baja ringan adalah suatu bahan baku baja lapis zincalume (55% aluminium, 43,5 % zinc dan 15 % silicon) atau baja galvanis yang telah dibentuk menjadi profil-profil batangan dengan ketebalan dan panjang yang dapat dipesan sesuai kebutuhan dan kegunaannya.
Struktur baja ringan yang diyakini mempunyai kelebihan dalam hal umur pakai dan kekuatan, memang mempunyai perilaku yang berbeda dibandingkan dengan struktur kuda-kuda kayu. Struktur kuda-kuda kayu mempunyai dimensi yang lebih besar dibandingkan struktur baja ringan, terutama dalam hal ketebalan profil. Struktur baja ringan mempunyai dimensi yang lebih tipis dibanding kuda-kuda kayu, mulai dari ketebalan 0.75 mm hingga ketebalan 1 mm. Rangka baja misalnya dapat kita temukan pada atap baja ringan.
Penggunaan baja ringan biasanya pada sebuah kontruksi yaitu kontruksi rangka atap, Dengan dimensi yang relatif lebih kecil, tentu saja sistem pemasangan struktur baja ringan berbeda dengan sistem pemasangan kuda-kuda kayu. Struktur baja ringan mempunyai kekuatan tarik yang tinggi tapi bersamaan dengan itu mempunyai kekakuan yang lemah. Oleh karena itu, salah satu faktor utama yang menentukan kekuatan struktur baja ringan adalah batang pangaku, dalam struktur baja ringan biasa disebut dengan istilah BRACING.
Kurang atau tidak diperhitungkannya bracing atau pengaku dalam struktur baja ringan, dapat menimbulkan resiko yang tidak diinginkan, resiko terburuk yang dapat terjadi adalah kegagalan struktur baja ringan hingga mengakibatkan kerobohan atap.
Oleh karena itu, salah satu point yang harus diperhatikan dalam penggunaan struktur baja ringan, misalnya atap baja adalah pengaku atau bracing yang digunakan. Dengan perhitungan yang tepat, struktur baja ringan menjadi solusi terbaik pengganti kuda-kuda kayu
7.      Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Diskusi
c.       Tanya jawab

8.      Kegiatan Pembelajaran


No

Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu (Menit)

Media
1
Kegiatan Awal
Pendahuluan
  1. Salam Pembuka
  2. Mengabsen siswa
  3. Mengontrol keadaan kelas secara sepintas.
  4. Persepsi
  5. Membangkitkan motivasi
Ceramah



2

2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.Memberikan kesempatan bagi siswa untuk memberikan penjelasan tentang definisi baja ringan, dan struktur rangka baja ringan.
b. Menjelasakan konsep dasar baja ringan, dan struktur rangka baja.
Elaborasi
a.      Memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya dan memberikan gagasan
b.      Menjelaskan pengertian baja ringan dan struktur baja ringan.
c.      Memberikan contoh baja ringan dan contoh struktur baja ringan.
d.     Memberikan dan melatih  soal kepada siswa
Konfirmasi
a.      Memberikan umpan balik dan penguatan pada siswa dalam materi bahan bangunan tersebut.
b.      Menjadi narasumber bagi siswa yang ingin bertanya.
c.      mendiskusikan hasil latihan.

Ceramah, diskusi, Tanya jawab


25
LCD
Buku Paket dan Referensi lain


`
3
Kegiatan Penutup
  1. Merangkum dan menyimpulkan pelajaran
  2. Evaluasi
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

3



9.      Penilaian Hasil Belajar
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal sabagai point kuis dan  lembaran penilaian yang diselesaikan oleh siswa.

latihan 1 soal esai
1.      Jelaskan pengertian baja ringan ? beserta contoh!
2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan struktur baja ringan?
3.      Sebutkan keuntungan penggunaan baja ringan dari bahan kayu sebagai bahan pada sebuah kontriki atap!



Lembaran Penilaian Siswa :
No
Soal
Uraian Soal
Skor maks Soal
Skor Siswa
1




2




3




4




Jumlah skor



Nilai Siswa =
10.  Sumber Belajar
Google, Buku Perencanaan Strukrur Baja.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK N 1 CURUP

(…………………………………..)
          NIP.
Padang, 25 Maret 2013
Guru Mata Pelajaran

(RIO CAHYA YUNARA .S.P d)
    NIP. 19920113 201603 16289



Tidak ada komentar:

Posting Komentar