TUGAS
METODE MENGAJAR KUSUS 2
Praktek Kerja Batu Dan Beton
”Pengecoran lantai”
Oleh :
RIO CAHYA YUNARA
16289
Pendidikan Teknik Bangunan
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMKN 1 Curup
Mata Plajaran : Praktek Kerja Batu dan Beton
Kelas/Smester : X/1
Standar Kompetensi : Pekerjaan
Pengecoran
Kompetensi Dasar : Pengecoran lantai
Alokasi Waktu : 1 x 30
menit
Pertemuan ke : 3
1.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
- Kognitif
1). Produk
a) Mempersiapkan media penyampaian belajar.
b) Mendiskripsikan pengertian alat-alat
pengecoran lantai.
2). Proses
a) Menjelaskan cara pengecoran lantai.
b) Menjelaskan pembuatan adukan untuk
pengecoran latai.
c) Menjelaskan kegunaan alat-alat pekerjaan pengecoran
lantai.
d) Menjelaskan proses kerja alat-alat
pekerjaan pengecoran lantai.
.
b. Afektif
1. Siswa dapat mengetahui cara
pengecoran lantai.
2. Siswa dapat mengetahui cara pembuatan adukan untuk pengecoran
lantai.
3. Siswa dapat mengetahui cara pembuatan profil pengecoran lantai.
c. Psikomotor
1. Siswa diharapkan bisa mengunakan alat praktek dengan benar.
2. Siswa diharapkan dapat mempraktekkan sesuai dengan lembar kerja siswa
yang diberikan.
3. Siswa diharapkan dapat membuat adukan 1:4 dengan benar.
4. Siswa diharapkan dapat mengerjakan pengecoran
lantai dengan benar.
2. Tujuan Pembelajaran :
Peserta
didik mampu:
1)
kognitif
·
Siswa
mampu menjelaskan langkah kerja pengecoran lantai dengan benar.
·
Siswa
mengetahui pekerjaan sebelum pekerjaan pengecoran lantai.
·
Siswa
mampu mengetahui adukan untuk pengecoran lantai dengan benar.
·
Siswa
mampu mengetahui teknik pengecoran lantai dengan benar.
·
Siswa
mampu membaca gambar jobsheet dengan baik.
2)
Psikomotor
·
Siswa mampu membuat profil dalam pengecoran lantai.
·
Siswa
mampu membuat adukan 1:4 untuk pengecoran lantai sederhana.
·
Siswa
mampu mengecor lantai dengan baik.
3)
Afektif
1.
Keterampilan sosial
Menunjukkan keterampilan siswa bertanya, berpendapat, menjadi pendengar
yang baik dan berkomunikasi, serta bekerja sama sesama siswa.
2.
Karakter
Terlihat dalam proses belajar mengajar terpusat pada siswa, penilaian
meliputi kejujuran, peduli dan tanggung jawab.
3.
Materi Ajar (Materi Pokok)
Pada
umumnya untuk membangun suatu ruangan harus memiliki lantai maka dalam hal ini
sipil memberikan pengajaran dalam membuat lantai yang baik yaitu dengan
mengecor lantai terlebih dahulu sebelum di beri lantai keramik atau variasi
lainnya.
Pengecoran
lantai ini ada 2 jenis, yaitu;
1.
Pengecoran lantai dengan
tulangan,
2.
Pengecoran lantai biasa/beton
tumbuk.
Dalam
pengecoran harus memperhatikan level slab yang akan dibuat terutama pada daerah
kamar mandi dan harus ditentukan level slab untuk material finishing yang
berbeda. Sesudah pengecoran, harus dilakukan perawatan beton dengan penyiraman
air atau penyemprotan Curing compound.
Dalam
penggunaan Water pass , warterpass digunakan untuk mencari kedataran suatu
lantai tersebut.
4.
METODE PEMBELAJARAN
a.
Ceramah
b.
Tanya Jawab
c.
Demontrasi
d.
Diskusi
5.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Awal ( 2 menit)
Ø Guru memberi motivasi kepeda peserta didik dengan
berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan
dengan pekerjaan batu dan beton (dengan harapan peserta didik menaggapinya).
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.
Kegiatan Inti (25 menit)
Eksplorasi
Dalam rangka eksplorasi,
guru :
Ø Peserta didik mencari penjelasan tentang materi
pekerjaan pengecoran lantai dari berbagai sumber.
Ø Memberitahukan kepada siswa apa saja alat dan bahan yang diperlukan
dalam pekerjaan pengecoran lantai.
Ø Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik, siswa dengan guru, lingkungan dan sumber ajar yang berhubungan
dengan pekerjaan pengecoran lantai.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya
dan memberikan gagasan yang berhubungan dengan mata pelajaran.
Ø Memberitahukan kegunaan masing-masing perkakas dan bahan yang
diperlukan dalam pekerjaan pengecoran lantai.
Ø Menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan adukan spesi dan profil
Ø Menjelaskan dan mempraktekan cara pengecoran lantai.
Ø Melatih siswa untuk terampil dalam menggunakan
alat.
Konfirmasi
·
Memberikan
umpan balik dan penguatan pada siswa dalam pelajaran pengecoran
lantai.
·
Memberikan
kesempatan bagi siswa untuk menceritakan pengalaman belajar sebelumnya.
·
Menjadi
narasumber bagi siswa yang ingin bertanya atau bagi siswa yang mengalami
kesulitan tentang praktek pekerjaan pengecoran lantai.
c.
Kegiatan penutup (3 menit)
·
Guru dan
peserta siswa bersama-sama membuat kesimpulan dari pelajaran tersebut.
·
Guru
melakukan penilaian terhadap siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan.
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran pengecoran
lantai.
·
Guru merencakan kegiatan tindak lanjut baik itu pembelajaran remedial, program
pengayaan, atau tugas individu.
·
Guru
menyampaiakan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6.
PENILAIAN
a. Penilaian hasil belajar
a. Evaluasi
1.
Proses kerja
a. Pemakaian alat (10 % )
b. Langka kerja ( 10 % )
c. Keselamatan kerja ( 10 % )
d. Sikapa kerja ( 10 %)
2. Hasil kerja
a. Ukuran ( 20 % )
b. Kualitas ( 20 % )
c. Waktu pengerjaan ( 10 % )
d. Laporan ( 10 % )
e. Pengetahuan (kognitif)
Tabel penilaian
pengetahuan:
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
|
|||||
Soal 1
|
Soal 2
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Maksimal = 6
|
|
f.
Keterampilan (Psikomotor)
Table penilaian
keterampilan:
No
|
Nama Siswa
|
Menyelesaikan soal sesuai langkah-langkah nya.
|
Jumlah
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g.
Sikap (Afektif)
Table penilaian sikap:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
||||||||
Jujur
|
Kerjasama
|
Disiplin
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI SIKAP) : 9
|
h.
Rekapitulasi Penilaian
Table rekapitulasi:
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
·
Mendapat
nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91
– 100%
·
Mendapat
nilai Baik, jika skor antara =
80 – 90%
·
Mendapat
nilai Cukup, jika skor antara =
70 – 79%
·
Mendapat
nilai Kurang, jika skor antara =
60 – 69%
·
Mendapat
nilai Kurang Sekali, skor antara = Kurang
dari 60%
7.
SUMBER BELAJAR
·
Job sheet kerja batu
·
Literatur
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK N 1 CURUP
(…………………………………..)
NIP.
|
Padang, 25 Maret 2013
Guru Mata Pelajaran
(RIO CAHYA YUNARA)
NIP. 19920113 201603 16289
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar